Menyebut Pulang ke Rumah

Selalu ada tempat dimana kita bisa meletakan hati dengan nyaman. Selalu ada perjalanan yang kita sebut pulang. Selalu ada tempat yang kita sebut rumah

Bali. 5 September 2012

Jam makan siang, di seberang telepon sana ada ibu yang menunggu mendengarkan. “ibu, saya sedang pengen pulang”

Ibu menjawabnya dengan pertanyaan juga, “Pulang kamu itu, kemana?”

Saya diam. Disana saya bisa merasakan ibu tersenyum.

***

Pencarian kata pulang akhir-akhir ini muncul lagi. Dulu ketika kuliah di Jogja, menyebut pulang adalah Semarang, tapi menyebut kata mudik lebaran berarti Jakarta. Ketika pindah ke Jakarta, menyebut kata pulang berarti ke Jogjakarta, bukan Semarang. Padahal saya lahir danbesar di Semarang. Ibu memaklumi itu, semua anak-anaknya mempunyai kecenderungan lebih memilih Jogjakarta daripada Semarang.

“Kalian lahir memang di Semarang tapi dewasa di Jogja”

Pelik, menyebut kata pulang. Saya bingung menyebut kata pulang. Jika pulang diasosiasikan dengan wajah-wajah, saya akan menyebut Jakarta sebagai rumah. Walaupun kota yang keras, wajah-wajah familiar dan nyaman di Jakarta masih membuatnya tempat yang saya sebut rumah.

Jika menyebut pulang adalah tempat kita dilahirkan, saya akan menyebut Semarang, tapi sebatas itu.

Tapi jika menyebut tempat dimana pulang dan hatimu merasa nyaman, saya masih menyebut Jogja sampai saat ini. Disana entah kenapa, saya masih bisa menemukan senyum-senyum yang membuatmu jadi tentram dan nyaman.

***

“Jadi, sudah betah di Bali ndi?”, tanya gobind vashdev (@gobindvashdev) suatu hari ketika saya mengunjungi rumahnya di Ubud.

Simbah (@lukmansimbah) dengan santai menjawab, “galau bind dia, salah kamu tanya begitu sekarang”

Gobind menulis sesuatu dalam buku Happines Inside yang baru saya baca keesokan harinya. Isinya adalah:

AH PANTAS! Hati saya belum tenang. Saya belum bisa menyebut Bali sebagai rumah karena ini!

Leave a Reply

