Tempat Terbaik Wine di Bali

*tulisan ini sudah dimuat di media cetak. Informasi di sini adalah murni opini saya.

Sebagai seseorang yang bekerja di wine saya punya privilege untuk mengintip menu hotel dan restaurant di Bali. Berikut ini adalah daftar yang saya susun tempat-tempat yang harus anda coba untuk mendapatkan wine terbaik di Bali.

  1. Metis.

Metis adalah salah satu restaurant dengan French cuisine terbaik di Bali. Tidak heran karena pemilik Metis adalah orang Perancis yang sangat bersemangat ketika membicarakan makanan. Selain menu list yang dipikirkan dengan sangat baik, drink list mereka pun sangat ekstensif. Wine yang mereka tawarkan beragam dari berbagai penjuru dunia. Red wine, rose, white wine ataupun sparkling semuanya ada. Jika anda merasa kebingungan mana wine yang cocok dengan makanan anda, coba tanya ke Eko, Sommelier mereka. Eko adalah salah satu Sommelier yang cukup disegani di Bali. Jika masih tidak puas, anda bisa langsung melihat wine cellar mereka yang ditata dengan apik.

Dengan menggabungkan konsep indoor, bar dan outdoor fine dining anda bisa dengan nyaman memilih tempat untuk makan. Atau jika Cuma ingin menikmati wine saja, coba duduk di area outdoor mereka sambil menikmati pemandangan sawah dan bunga bakung.

Kategori: Fine Dining

Jl. Petitenget no.6, Kerobokan Kelod

Kuta, Bali, Indonesia

T. +62 361 4737 888

 

  1. Kayuputi at St. Regis.

Semua orang yang pernah bekerja dengan Harald Wiesmann, Sommelier St. Regis, pasti akan tahu bahwa dia seorang perfeksionis dan sangat memperhatikan detail. Harald adalah sommelier dengan 38 tahun pengalaman dan sudah pernah memenangkan Wine Spectator Award sebanyak tujuh kali. Dengan orang yang mempunyai reputasi seperti Harald di balik wine list mereka, maka tak heran wine list yang disusun sangat impresif menemani makanan yang dimasak oleh Head Ched mereka, Agung Gede

Saya tahu persis bagaimana St. Regis sangat cerewet dalam perlakuan wine mereka dan bagaimana mereka menyimpannya, sebuah pertanda bagus. Dengan lokasi tepat di pinggir pantai dan pelayanan sekelas St. Regis, saya yakin pengalaman meminum wine di Kayuputi akan sangat membekas di ingatan.

 

Kategori: Fine Dining

 

Kayuputi

St. Regis Bali – Kawasan Pariwisata, Nusa Dua Lot S6

+62 361 300 6786

Email: kayuputi.bali@stregis.com

 

  1. Sip Wine Bar.

Christian Vanneque, pemilik Sip Wine bar bukan orang baru di dunia wine internasional. Perjalanan panjang dia di dunia wine hampir seperti dongeng. Dimulai ketika berumur 18 tahun ditunjuk menjadi assistant cellar man di restoran bintang 3 Michelin, La Tour d’Argent sampai akhirnya menjadi head sommelier termuda di Perancis pada umur 20 tahun. Dan setelah bertualang di dunia wine internasional, akhirnya pada tahun 2007 memutuskan untuk membuka Sip Wine Bar di Legian.

Wine list Sip Wine Bar disusun seperti drama: Curtain Raiser, Main Act dan akhirnya Finale. Masing-masing minuman diberi penjelasan dalam menu, peran seperti apa yang mereka dapatkan.

 

Kategori:  Wine Bar

Jl. Raya Seminyak no16A, Seminyak.

+62 361 730 810

 

  1. Arwana at The Laguna.

Restaurant ini adalah salah satu seafood restaurant terbaik di Bali. Dengan lokasi persis di pinggir pantai dan wine list yang impresif, Arwana at The Laguna adalah temat paling sempurna untuk fine dining dengan ambience yang santai. Yudi, sommelier Arwana akan siap membantu jika anda mempunyai pertanyaan mengenai pairing wine yang cocok untuk hidangan anda. Walaupun hidangan mereka bertema seafood tetapi anda akan terkejut dengan rekomendasi wine yang mampu diberikan Arwana .

The Laguna sebenarnya mempunyai bar dan restaurant lain bernama kul-kul bar. Tetapi saya sangat merekomendasikan untuk tetap di Arwana.

 

Kategori: Fine Dining

Kawasan Pariwisata Nusa Dua Lot N2, Nusa Dua.

+62 361 771327

 

  1. Red Carpet Champagne Bar

Red Carpet menawarkan konsep tempat untuk bersosialiasi. Agak berbeda dengan tempat lain, tempat ini sangat casual dan terletak di pinggir Jalan Seminyak. Sekilas terlihat tempat tidak cukup apik untuk meminum wine tapi tunggu sampai anda melihat menu list mereka.

Wine yang ada dalam menu mereka sangat selektif. The usual suspect seperti Bollinger, Dom Perignon sampai wine sekelas Armand De Brignac ada disana. Dan jangan khawatir jika memesan wine by the glass. Kualitas yang mereka pilih tergolong baik untuk wine by the glass. Selain wine mereka juga menyediakan cocktail dan spirit.

Kategori: Champagne Bar

Oberoi 42C

+62 361 737889

 

  1. The Legian.

Banyak yang tidak menyangka bahwa hotel butik seperti The Legian ini mempunyai wine list sampai 410 item. Ini sebuah wine list yang cukup impresif mengingat konsep mereka sebagai hotel butik dan tidak ada hotel dengan konsep serupa di Bali yang dapat menandingi mereka.

Anda dapat menikmati wine hampir di seluruh penjuru hotel ini. Di restoran, pool bar, ocean bar atau bahkan di kamar.

Kategori: Hotel

Jalan Kayu Aya, Seminyak Beach

Bali 80361, Indonesia

+62 361 730 622

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s