Mengenang Mas Ipung

Mas Ipung adalah seorang mangku –gelar untuk pemuka adat dan agama hindu– di lereng Gunung Kintamani, Desa Subaya, Bali. Mengenal dia adalah keniscayaan takdir. Chisa teman baik saya di Bali mengajak saya yang ketika itu patah hati untuk bertemu dengan dia, “Sudah ketemu saja. Ini mangku beda. Asyik”. Jadilah saya bulan Agustus 2012 untuk pertama kalinya bertemu dengan dia di sebuah dusun kecil berkabut yang cantik bernama Desa Subaya.

(Cantiknya Desa Subaya bisa dilihat di sini)

Maret lalu saya bertemu untuk terakhir kalinya dengan Mas Ipung sebelum benar-benar pindah ke Jakarta. Saat itu dia sudah mohon pamit karena tugasnya di dunia sudah hampir selesai. Asyiknya Mas Ipung meminta kami untuk bergembira merayakan kepergiannya, bukan bersedih dan menangis. Khas Mas Ipung, si mangku rock and roll!

Saya ga bisa nulis panjang-panjang seperti memoar yang layak. Takut mrimbik-mribik matanya. Nanti saya tulis kalau mood udah hepi.

Pokoknya Mas Ipung, selamat bersenang-senang dan tertawa di siklus hidupmu berikutnya Mas! Kita minum arak sekali lagi!

Captured by the talented  @anggaramahedra

3 thoughts on “Mengenang Mas Ipung

    • Hi Chandra, Terima kasih sudah mampir. Iya, ini mangku yang dicintai oleh kami yang mengenal. Memoar-memoar serupa sudah banyak ditulis teman-teman yang lain. Saya sih ga mampu. Takutnya malah melanggar permintaannya untuk bergembira.

      Seperti banyak rumah mangku di Bali, di rumahnya ada ruang suci. Ruang untuk berdoa. Asyiknya apapun agamanya di sana disediakan semua peralatan ibadah. Dari sajadah sampai arca Ganesha. Lah kok malah cerita lagi :))

      Anyway, terima kasih sudah mampir

Leave a Reply

